Setiap Cobaan Datang Sebuah Proses Pendewasaan Diri |

“Link and Match “ Industri Melalui Penerapan “Dual System”

PNJ terus menampilkan diri sebagai sebuah lembaga pendidikan terdepan,

menyambut tantangan zamandengan program berbasis Link and Match

yang menyambungkan dunia kampus dan dunia industri.

Sesuai amanah UU No. 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi,visi dan misi Politeknik Negeri Jakarta (PNJ)ditujukan untuk membawa para lulusannya siap memasuki dunia kerja di era globalisasi.

Lebih rincinya berdasar visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI terkini yang pernah disampaikan Mas Menteri Nadiem Makarimtentang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, PNJ juga mendorong setiap program studi memiliki mitra industri dan membentuk advisory board untuk penyiapan dosen industri, penyusunan kurikulum, PKL/magang industri dan penempatan kerja bagi lulusan PNJ.

Oleh karenanya demi meningkatkan daya saing global, setiap program studi wajibmemiliki kerjasama dengan Perguruan Tinggi di luar negeri dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi. Tak kalah penting adalah pengembangan link and match dengan industri, melalui penerapan industrial based curriculum (Dual System/Teaching Industry).

Kesemua itu sangat berperan dalam peningkatan akreditasi dan reputasi internasional PNJ, yang akan dilakukan melalui penerapan sistem penjaminan mutu dengan mengacu Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) dan standar mutu internasional (ISO).

Sejalan dengan itu, PNJ juga melaksanakan digital transformation dalam proses pembelajaran dan pelayanan (berupa program e-learning, smart class, smart and green campus, MIS) serta terus melaksanakan penguatan kampus sebagai Pusat Unggulan Teknologi untuk pengembangan penelitian terapan dan inovasi teknologi.

Dalam melakukan percepatan pencapaian visi PNJ, tahun ini PNJ akan  mengusukan untuk peningkatan status pengelolaannya dari Satuan Kerja (Satker) menjadi Badan Layanan Umum (BLU) dan melakukan penguatan tata kelola yang efektif, efisien, dan akuntabel berbasis Informatian and Communication Technology (ICT). Termasuk pengembangan unit-unit ventura, jaringan kerjasama, dan pemberdayaan alumni untuk kemandirian pendanaan.

Implementasi hak belajar di luar program studi, PNJ menerapkan sistim pembelajaran Program D3 dengan 5 semester belajar di kampus dan 1 semester magang di industri.Sedangkan untuk Program Sarjana Terapan, belajar di luar kampus selama 2 semester magang di Industri dan 1 semester dalam bentuk KKN atau belajar di perguruan tinggi lain di dalam maupun luar negeri.

Sarana dan Prasarana

Beberapa hal yang perlu mendapat perhatian sehubungan pembangunan fasilitas, adalah mewujudkan sarana dan prasarana yang modern dan memuat unsur seni di lingkungan kampus PNJ. Untuk itu, prioritas pertama yang dikerjakan dengan menyelesaikan kejelasan status kepemilikan lahan kampus PNJ.

Selain itu, program prioritas lainnya misalnya pembangunan fasilitas pada lahan kosong di komplek perumahan PNJ serta pembangunan jalan akses masuk kampus dari tol Cijago.Untuk fasilitas dalam kampus, prioritas pada penyediaan ruang kelas, laboratorium dan bengkel dengan perlengkapannya untuk 10.000 mahasiswa, serta pembangunan smart class and green campus, juga penataan dan penggantian semua jaringan IT dengan fiber optic.

Penting juga yang akan dilakukan, perluasan kampus di lokasi lain dan pengembangan kampus satelit. Pembangunan Enterance Gate ke PNJ yang lebih representatif dan modern serta pengadaan LED Videotron melalui interaktif smart TVsebagai media publikasi dan proses pembelajaran.

Dalam hal pengembangan unit-unit ventura, jaringan kerjasama dan pemberdayaan alumni, perlu diwujudkan pengembangan kerjasama institusional yang lebih selektif, bermutu, setara, dan saling menguntungkan di tingkat nasional dan internasional, serta pengembangan kerjasama pemanfaatan sumber daya sebagai asset yang dimiliki PNJ. Hal ini dilakukandemi meningkatkan penerimaan PNBP dan pemberdayaan unit-unit yang ada sebagai income generator, seperti LSP, TUK, UP2M, UPMP, Training Center, Bengkel, Laboratorium, PNJ Press, dan sebagainya.

Selain itu, pemberdayaan ikatan alumni dengan menjalin kerjasama yang lebih komprehensif dan intensif dan peningkatan kesejahteraan karyawan PNJ melalui berbagai program kerjasama serta penguatan koperasi akan terus diperhatikan.

PNJ juga terus giat melakukan berbagai kegiatan sebagai usaha penguatan tata kelolayang effektif, effisien, dan akuntabel berbasis ICT meliputi peningkatan status pengelolaan dari Satker menjadi BLU, perencanaan anggaran berdasarkan prioritas, membangun sinergitas antara Senat dengan Pimpinan Pusat maupun Jurusan dan meningkatkan kerjasama institusional.

Program Pengembangan

Sebagai lembaga pendidikan tinggi, sangat penting juga memperhatikan program pengembangan penelitian terapan, PKM dan inovasi teknologi yang menyangkut pengembangan dan peningkatan mutu penelitian terapan syang inovatif esuai kebutuhan masyarakat.Juga peningkatan kerjasama penelitian maupun seminar dengan perguruan tinggi lain di dalam dan luar negeri, peningkatan jumlah dan mutu publikasi dan inovasi dosen, peningkatan mutu jurnal yang dimiliki PNJ serta peningkatan jumlah dosen sebagai presenter dalam seminar internasional.

Penting juga memperhatikan pengembangan dan peningkatan mutu pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan, pengembangan PKM dalam bekerjasama dengan intitusi lain di luar perguruan tinggi dan penyelenggaraan KKN bagi mahasiswa melalui kerjasama dengan Kemendes sebagai bagian kurikulum.

Untuk menjadikan PNJ sebagai lembaga pendidikan yang berdaya saing, dibutuhkan peningkatan jumlah dan kualitas SDM sebagai bagian yang tak terpisahkan. Hal tersebut meliputi beberapa program antara lain, peningkatan jumlah Dosen tetap bependidikan S3, jabatan Lektor Kepala, dan Guru Besar yang disesuaikan dengan standar rasio dosen-mahasiswa.

Juga meliputiproses rekrutmen SDM yang bermutu, terencana, sistematis, transparan, dan sesuai kebutuhan serta pemberian beasiswa S2 bagi alumni PNJ yang berprestasi dan berminat menjadi dosen PNJ, peningkatan jumlah dosen yang melakukan penelitian dan PKM, peningkatan jumlah dosen yang memiliki artikel ilmian dan publikasi terindeks. Peningkatan jumlah dosen yang menulis buku ber-ISBN, dan peningkatan jumlah SDM yang memiliki sertifikat kompetensi/profesi, baik nasional maupun internasional.

Peningkatan Akreditasi dan Reputasi

Menjadi prioritas pula terkait program peningkatan akreditasi dan reputasi internasional, peningkatan peringkatan akreditasi PNJ menjadi ‘unggul’(A). Juga peningkatan pada beberapa program studi menuju terakreditasi internasional dan peningkatan QS ranking PNJ ditingkat nasional maupun internasional.

Selain itu,yang harus menjadi perhatian serius adalah peningkatan mutu program studi dengan mengacu pada sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi dan SN Dikti maupun standar internasional.

Menyongsong era digital saat ini pengembangan proses pembelajaran berbasis Information Technology seperti, digital learning, e-learning, blended learning, dan sebagainya menjadi hal yang sangat penting dilakukan. Seiring dengan itu, mengupayakan peningkatan jumlah mahasiswa dan perluasan akses pendidikan Politeknik melalui program kerjasama, program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), program MEMES (Multy Entry and Multy Exit), Program Studi di luar Kampus Utama (PSDKU), Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), dan lainnya.

Tak kalah penting adalah terus melakukan pengembangan dan penguatan kerjasama luar negeri dalam rangka meningkatkan daya saing lulusan dan menjadikan PNJ bertaraf internasional seperti,student/academic staff exchange, joint/double degree programme, twinning programme dan membuka kelas berstandar internasional dan terus mengusahakan peningkatan jumlah mahasiswa asing yang belajar di PNJ.(*)

BIODATA

Nama             : Dr. sc.H. ZAINAL NUR ARIFIN, UD. Dipl. Ing. HTL., M.T.

Istri                 :Kusumani Dewi P.H., S.E.

Anak              : 1. Dr. Tiffano Taufan Firdaus (PuskesmasKecamatanCiracas, Jaktim

  1. Dr. Nico Aldrin Avesina (RS Melia Cibubur, Jakarta Timur)
  2. Dr. Clarissa Maharani Putri (RSUD Ciawi, Bogor)

Pendidikan

Swiss Federal Institute of Technology

(ETH-Zurich), Swiss. (S3, 2008-2012)

Beasiswa S3 Luar Negeri DIKTI

Universitas Indonesia

(Fakultas Teknik). (S2, 1998-2000)

Beasiswa BPPS

Hochschule Rapperswill

(HSR-Rapperswil), Swiss. (S1, 1984-1988)

Beasiswa Bank Dunia

Politeknik UI

(Jur, Teknik Sipil). (D3, 1982-1984)

Jenis Perguruan Tinggi

Akademi, Politeknik, Sekolah Tinggi, Institut, Universitas

Jenis Pendidikan Tinggi (sesuai UU No. 12 / 2012)

Pendidikan Akademik, Pendidikan Vokasi, Pendidikan Profesi

 

JABATAN SAAT INI

  • Direktur PNJ 2020 – 2024
  • Direktur Bidang Akademik PNJ
  • Ketua Program Pascasarjana PNJ
  • Ketua Forum Wakil Direktur Bidang Akademik Politeknik se-Indonesia
  • Inisiator dan Ketua Forum Doktor Politeknik se-Indonesia
  • Asesor Akreditasi BAN-PT
  • Evaluator Program Studi Baru (Kemenrestekdikti)
  • Ketua Tim Penyusun Panduan MEMES (Kemenrestekdikti)
  • Ketua Tim Penyusun Panduan Magang Industri Bagi Mahasiswa (Kemenristekdikti)
  • Narasumber Kemenristekdikti untuk Program MEMES, Teaching Industry, dan Kurikulum Pendidikan Politeknik

VISI 2010-2029

POLITEKNIK NEGERI JAKARTA UNGGUL BERTARAF INTERNASIONAL DAN BERDAYA SAING BANGSA.

UU No. 12/2012 Tentang pendidikan Tinggi

Pendidikan vokasi merupakan pendidikan Tinggi program diploma (D1, D2, D3) yang menyiapkan mahasiswa untuk pekerjaan dengan keahlian tarapan tertentu sampai program sarjana tarapan (S. Tr). Dapat dikembangkan oleh pemerintah sampai program magister tarapan (*M. Tr) atau program doktor tarapan.

UU No. 12/2012 Tentang Pendidikan Tinggi

Gelar vokasi terdiri atas:

  1. Ahli pratama (D1)
  2. Ahli muda (D2)
  3. Ahli madya (D3)
  4. Sarjana tarapan (S. Tr)
  5. Magister tarapan (M. Tr)
  6. Doktor tarapan (Dr. Tr)

GRAND DESIGN

Pengembangan PNJ Menuju WORLD CLASS POLITEKNIK 2029

PNJ 2029Kelas Dunia:Peringkat 500, Dunia versi QS

PNJ 2020Implementasi program (1): Penyiapan lulusan berdaya saing Asia Tenggara. Peringkat Nasional: Top 7 Politeknik, Pengusulan BLU, Penguatan Kerjasama Asia Tenggara

PNJ 2021Implementasi program (2):, Penguatan lulusan berdaya saing Asia Tenggara, Peringkat Nasional: Top 5 Politeknik, PNJ menjadi BLU, Pemantapan Kerjasama Asia Tenggara

PNJ 2022Implementasi program (3): Penyiapan lulusan berdaya saing Asia, Peringkat Nasional: Top 1 Politeknik, Penguatan BLU, Penyiapan Kerjasama Asia

PNJ 2023Implementasi program (4): Penguatan lulusan berdaya saing Asia, Peringkat Asia: 451-500 QS, Pemantapan BLU, Penguatan Kerjasama Asia

PNJ 2024Implementasi program: Pemantapan lulusan berdaya saing Asia, Peringkat Asia: 401-450 QS, Pemantapan Kerjasama Asia

PENINGKATAN AKREDITASI DAN REPUTASI INTERNASIONAL

  • AKREDITASI PROGRAM STUDI (INTERNASIONAL)
  • AKREDITASI PNJ (INTERNASIONAL)

WORLD CLASS POLYTECHNIC

RENCANA INDUK PENGEMBANGAN PNJ2010-2014

PNJ unggul di tingkat nasional ( 2015-2019)

PNJ unggul di tingkat ASEAN (2020-2024)

PNJ unggul di tingkat Asia (2025-2029)

PNJ unggul di tingkat dunia

8 KEBIJAKAN DIREKTUR PERIODE 2020-2024 UNTUK MENCAPAI VISI PNJ

  1. PENGUATAN TATA KELOLA DAN PENGUSULAN PNJ MENJADI BLU
  2. PENINGKATAN MUTU DAN DAYA SAING LULUSAN
  3. PENINGKATAN AKREDITASI DAN REPUTASI INTERNASIONAL
  4. MELAKSANAKAN DIGITAL TRANFORMATION DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN PELAYANAN
  5. PENGUATAN CENTER OF TECNOLOGY (COT) UNTUK PENGEMBANGAN PENELITIAN TERAPAN DAN INOVASI TEKNOLOGI
  6. PENINGKATAN JUMLAH DAN KUALITAS SDM
  7. PEMBANGUNAN FASILITAS, SARANA DAN PRASARANA YANG STATE OF THE ART (SMART AND GREEN CAMPUS)
  8. PENGEMBANGAN UNIT-UNIT VENTURA, JARINGAN KERJASAMA, DAN PEMBERDAYAAN ALUMNI

K—2 PENINGKATAN MUTU DAN DAYA SAING LULUSAN

PENGUATAN INDUSTRIAL BASED EDUCATION SYSTEM (DUAL SYSTEM / TEACHING INDUSTRY)

SETIAP PROGRAM STUDI MEMILIKI MITRA INDUSTRI DAN MEMBENTUK ADVISORY BOARD UNTUK PENYUSUNAN KURIKULUM, PROSES PEMBELAJARAN, PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN, TEMPAT MAGANG MAHASISWA, / DOSEN, PENEMPATAN KERJA, DLL.

PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS KEBUTUHAN INDUSTRI (INDUSTRIAL BASED CURRICULUM)

SERTIFIKASI KOMPETENSI BAGI MAHASISWA (NASIONAL/INTERNASIONAL

PENGUATAN TUK DAN LSP P1-PNJ.

KERJASAMA DENGAN LEMBAGA SERTIFIKASI LAIN (NASIONAL/INTERNASIONAL).

PENGUATAN PUSAT PELATIHAN KOMPETENSI BAGI MAHASISWA .

MAHASISWA MEMILIKI PRESTASI AKADEMIK/NON-AKADEMIK (NASIONAL/INTERNASIONAL)

LULUSAN MEMILIKI SOFTSKILL YANG DIBUTUHKAN INDUSTRI

CREATIVITY

COLLABORACY

COMMUNICATION LOGIC.

COMPASSION

BERJIWA WIRAUSAHA

PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER LAINNYA.

K-3  INDUSTRI BASED EDUCATION SYSTEM (DUAL SYSTEM / TEACHING INDUSTRY)

POLITEKNIK(UNIVERSITY OF APPLIED SCIENCE), LEARNING, RESEARCH, CENTER OF TECHNOLOGY, INDUSTRY, GOVERMENT

K-4TEACHING INDUSTRY

Workshop/Laboratory/Internship/On the job training/Sertification/Joint Research

K—5 DIGITAL TRANSFORMATION (INTERNET OF THINGS DAN INTERNET OF SERVICES)

Pengembangan SI internal yang terintegrasi, handal, aman (SI akademik, keuangan, SDM, kemahasiswaan, kerjasama, asset, dll), dan terkoneksi dengan SI kementerian terkait.

Peningkatan mutu layanan yang faster, cheaper, better, dan akuntabel, (smart services).

K—6 PENGEMBANGAN CENTER OF TECHNOLOGY (PUTI, PUTOI, DLL)

APPLIED RESEARCH CENTER, INNOVATION CENTER , SENTRA HKI/PATEN, COMMERCIAL PRODUCT, INKUBATOR BISNIS

 

—————

Jakarta 2 September 2020, dipersentasikan pada pengenalan kehidupan Kampus Politeknik 2020

Share Article:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Notice: Undefined property: stdClass::$data in /home/fakt6635/public_html/wp-content/plugins/royal-elementor-addons/modules/instagram-feed/widgets/wpr-instagram-feed.php on line 4894

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/fakt6635/public_html/wp-content/plugins/royal-elementor-addons/modules/instagram-feed/widgets/wpr-instagram-feed.php on line 5564

Berita Terbaru

  • All Post
  • Autotekno
  • Beauty
  • Berita
  • Dunia
  • Ekonomi & Bisnis
  • Foto
  • Gaya Hidup
  • ILD
  • Konsultasi
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Olahraga
  • Opini
  • Photography
  • Redaksi
  • Sosok
  • Travel
  • Uncatagories
  • Warna
    •   Back
    • Politik
    • Hukum
    • Daerah
    • Pendidikan
    • Wawancara
    •   Back
    • Peluang Usaha
    • Entrepreneur
    •   Back
    • Fashion
    • Kesehatan
    • Travelling & Kuliner
    •   Back
    • Motivasi
    • Inspirasi
    • Training & Seminar
    • Info Warga
    • Komunitas

FAKTAREVIEW

Mengulas Fakta Dibalik Berita

Join the family!

Sign up for a Newsletter.

You have been successfully Subscribed! Ops! Something went wrong, please try again.
Edit Template

faktareview

Mengulas Fakta Dibalik Berita

Semoga konten-konten faktareview.com yag hadirkan bisa dinikmati, bisa memenuhi kebutuhan informasi serta bisa ikut membangun kesadaran masyarakat  menuju masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur.

Terimakasih Telah Berkunjung